Domain .ID Dengan Hosting Blogspot

Written By batikbumi on 30 Jan 2012 | 04.47



Untuk mensetting domain pada blogspot dengan TLD (top level domain) .id yang dikelola oleh Indonesia ( Pandi ), seperti WEB.ID, CO.ID, NET.ID, OR.ID, dll. sangat berbeda dengan cara mensetting domain dengan TLD non .id seperti .COM, .NET, .INFO, .ORG, dll.

Pada layanan domain .COM, .NET, .ORG, dll biasanya ada fasilitas untuk mengatur DNS Records, A, MX, dan CNAME records yang berfungsi untuk mengarahkan ke blogspot, akan tetapi pada pelayanan domain Indonesia tidak terdapat fasilitas tersebut, yang ada hanya fasilitas pengaturan DNS record atau name server, seperti yang terlihat pada gambar ini:


Kemudian, bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? karena yang dibutuhkan adalah agar domain yang kita punyai mengarah ke blogspot.

Untuk mengatasinya, maka kita harus punya penyedia layanan DNS yang memiliki fasilitas pengaturan mengontrol DNS Records, A, MX, dan CNAME records, banyak penyedia layanan ini yang gratisan, seperti freeDNS,everyDNSXnameDNSpark, dll.  Pada artikel ini dijelaskan salah satu saja dengan menggunakan freeDNS.

Berikut ini adalah urutan-urutan langkahnya untuk setting domain Indonesia, misalnya saja .WEB.ID dengan menggunakan hosting pada blogger atau blogspot:
  1. Saya anggap kamu sudah memiliki domain Indonesia, misalnya WEB.ID, sudah memiliki domain di blogger dan sudah punya account di freeDNS. Jika belum, silahkan daftar dulu semuanya.
  2. Setting di Blogger: Ikuti setting domain diblogger seperti yang dijelaskan pada artikel Setting Domain.co.cc pada Blogspot.
  3. Setting di freeDNS :  setelah login, tambahkan domain untuk disetting di freeDNS, misalkan domain yang ditambahkan adalah prodesign.web.id, untuk penambahan domain dapat dilihat pada gambar berikut:

   4.  Setelah ditambahkan akan terlihat tampilan sebagai berikut:

   5.  Kemudian klik Manage dan diatur sebagai berikut:
  • Buat CNAME Records untuk www dan diarahkan ke ghs.google.com sehingga account blogger bisa diakses menggunakan URL www.prodesign.web.id 
  • Supaya blog bisa diakses menggunakan TLD tanpa CNAME atau subdomain, maka kita harus create A Records sehingga blog bisa diakses dengan menggunakan URL prodesign.web.id (tanpa www). Apabila A records tidak dibuat maka blog tidak bisa diakses menggunakan URL prodesign.web.id (tanpa www). A records yang dibuat untuk domain kita (prodesign.web.id) masing-masing dirahkan ke 4 IP, yakni 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, 216.239.38.21. 
 6.  Arahkan name server yang ada di domain web.id pada Pandi agar mengarah ke freeDNS dengan diisi:    ns1.afraid.org, ns2.afraid.org,ns3.afraid.org, ns4.afraid.org.
Setelah tahap ini, domain yang ada di blogger atau blogspot sudah bisa diakses dengan domain milik sendiri atau yang berbayar, seperti web.id, co.id, dll. Setelah pengubahan DNS, domain biasanya akan mengalami masa penyebaran diinternet (Propagasi Domain) 2x24 jam (pengalaman tidak sampai 3 jam sudah bisa) sehingga domain tersebut bisa kita akses setelah proses propagasi domain selesai.
Semoga Bermanfaat!


2 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks infonya menarik dan usefull banget :D
Jasa Pembuatan Website

kaoskaos.net mengatakan...

keren deh artikelnya :)

Posting Komentar