Penyebab Situs kamu tidak bisa di akses

Written By batikbumi on 17 Jan 2012 | 06.52

Terdapat banyak hal yang membuat situs web kamu tidak dapat di akses. Beberapa hal yang harus kamu periksa saat situs kamu tidak dapat diakses adalah:
1. Settingan DNS untuk nama domain.
Agar account web hosting kamu berfungsi optimal, Server DNS domain kamu sebaiknya diarahkanke server DNS yang dimiliki dan dijalankan oleh perusahaan web hosting sendiri. Jika penyedia web hosting memberikan fasilitas editing untuk record DNS domain kamu, sebaiknya kamu periksa record-record DNS berikut:
- Periksa jika record "A" untuk domain kamu telah menunjuk ke alamat IP server yang benar, yaitu alamat IP server web hosting kamu.
- Periksa bahwa record "MX" untuk domainmu telah telah menunjuk ke alamat IP server mail exchange domain mu.
- Tambahkan record "CNAME" (jika dibutuhkan), Barangkali kamu akan memasang record Canonical Name atau "CNAME" agar alamat www. domainmu .com dan domainmu.com akan mengacu ke isi yang sama.

2. Nama Domain Sudah Kadaluwarsa
Nama domain umumnya didaftarkan dalam jangka waktu tertentu (1 tahun, 2 tahun, dst). Jika nama domain kamu telah kadaluwarsa, maka domain kamu tidak akan dapat diakses.
Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu segera memperbarui domain kamu setelah kamu mendapat email peringatan mengenai masa berlku domain dari perusahaan registrar.

3. File Index (index.html, index.htm, atau index.php) tidak ada di tempatnya atau tidak ada isinya (kosong)
Ketika pengunjung mengakses situs kamu  maka server web akan mencoba membuka salah satu file berikut: index.html, index.htm, atau index.php(sesuai urutan). Jika salah satu dari file tersebut tidak ada, server web akan menampilkan pesan error seperti error document No Index File Available atau bahkan server web akan menampilkan semua daftar semua file dan folder yang ada di dalam account anda (jika directory listing di set "on").
Jika file index kosong (tidak ada isinya) browser internet akan menampilkan halaman kosong, Jika halaman index kamu berupa index.php, maka munculnya halaman kosong dapat juga disebabkan karena adanya error pada file index.php, dan server web telah disetting untuk menampilkan halaman kosong jika terjadi kesalahan dalam pemrosesan file php tersebut.

4. Masalah Koneksi Internet
Dalam kasus yang jarang terjadi, mungkin sekali pada suatu saat kamu mengalami masalah koneksi internet ke server web dimana situs kamu berada. Ini artinya pada saat itu terjadi, kamu masih bisa mengakses situs-situs lain(seperti www.google.com ataupun www.yahoo.com) namu situs kamu sendiri tidak dapat dibuka. Hal pertam yang harus kamu lakukan adalah memerikasa koneksi dari komputer kamu ke server web dimana situs kamu berada. Jika kamu menggunakan windows xp gunakan MS-DOS Command prompt untuk menjalankan perintah pinging.
Ketik "ping" tanpa tanda kutip lalu diikuti spasi lalu nama domain kamu lalu tekan ENTER.
Jika hasilnya menunjukkan beberapa baris "reply" , sambungan ke server web kamu tidak mengalami masalah. Waktu yang tertera pada hasil perintah ping menunjukkan seberapa cepat sambungan ke server web dari komputer kamu.
Jika kamu melihat pesan kesalahan "request timed out" kemungkinan memang sedang terjadi kerusakan di suatu tempat diantara komputer kamu dengan server web kamu. Untuk menentukan dimana letak kesalahan tersebut, kamu bisa mengetikkan perintah "tracert" .
Trace route adalah perintah yang akan menunjukan jejak yang dilalui sebuah paket informasi dari komputer kamu ke titik pengecekan yang kamu inginkan. Perintah ini akan memperlihatkan daftar seluruh router yang dilalui data hingga sampai ke tujuan, atau jika gagal sampai di tujuan. Hasil dari perintah traceroute juga akan menunjukkan lamanya waktu yang dibutuhkan oleh data untuk melewati jarak antar router. caranya:
tracert www.domainkamu.com lalu tekan ENTER.
Perintah ini sangat berguna untuk mengetahui lokasi kerusakan dari sambungan internet anda. Sangat disarankan  untuk mencoba perintah di atas pada saat situs anda berjalan normal, untuk mengetahui perbedaan hasilnya jika pada suatu saat situs anda tidak dapat diakses. Sangat  dimungkinkan jika rute yang diperlihatkan  berbeda-beda dari waktu ke waktu, namun jaringan yang dilewati oleh paket data pada saat test traceroute akan secara umum nyaris sama.
Biasanya, meski letak masalah telah diketahui dengan melakukan perintah "ping" dan "tracert" tidak banyak yang dapat dilakukan oleh provider internet kamu maupun oleh perusahaan web hosting, jika kerusakan tidak terjadi pada pihak mereka.

0 komentar:

Posting Komentar