Trik SEO pada joomla

Written By batikbumi on 30 Jan 2012 | 14.52

joomla


Kali ini saya akan sharing salah satu cara untuk melakukan optimasi search engine pada website yang berbasiskan CMS joomla. Pertama-tama adalah kita sesuaikan konfigurasinya dengan masuk ke halaman administrator, kemudian pilih Menu Site -> Global Configurations. Disana akan ada menu Metadata


Sebagai contoh, Meta Keyword yang kita masukkan adalah "Joomla, Tutorial joomla, Belajar Joomla, Web dengan Joomla"
Teman teman boleh saja menambahkah keyword yang lain, dengan catatan, bahwa keyword tersebut ada di dalam content site kita. baik di dalam tulisan, nama file, maupun "Alt" pada image sekalipun 


Masih dalam halaman yang sama, Pilih menu yang paling pojok kanan, disana ada tulisan Menu "SEO"
kira kira tampilannya sebagai berikut


Secara Default Joomla menyediakan fitur ini, tinggal diaktifkan, dan Web kita akan mudah ditemukan oleh mesin pencari, berdasarkan keyword dari site kita.
Selain itu kita juga bisa menggunakan bantuan 3rd party seperti yang saya sebutkan di bawah ini:

Joomla Modules, Components, Plugins

1. JoomSEF   adalah komponen SEO untuk membuat website Joomla kita lebih URL SEF (search engine friendly) dan mudah dimengerti manusia dengan fitur metadata dan kemampuan membuat sitemap (sitemap generator).Mendukung URL translations.



2. JoomSEO adalah  plugin yang secara dinamis membuat meta tag pada website kita, Langsung mengoptimasi tittle tagmenambahkan heading tag pada konten dan banyak lagi. JoomSEO juga memiliki kemampuan Customable fitur( Fitur-fiturnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita)


3. LinX adalah komponen yang memungkinkan kita dalam mengelola sebuah direktori link timbal balik (reciprocal link). Link yang ditambahkan ke situs kita secara otomatis diperiksa dan hanya ditambahkan jika ada link kembali ke situs kita. Sebagian besar link yang menuju ke website kita tentu saja memiliki efek pada PageRank website kita, tetapi sebenarnya yang penting adalah link yang berkualitas yang berasal dari situs terpercaya yang memiliki tema yang sama dengan website kita.

4. MetaTags NX Otomatis membuat meta description dan keyword tags untuk konten kita. Kata kunci yang dihasilkan berdasarkan pada frekuensi konten kita.


5. Redirect component memungkinkan kita untuk mengarahkan url lama ke url yang baru dan sekaligus mengatur kode status website kita. Tapi perlu diingat bahwa mengubah URL sering berdampak kurang bagus bagi website kita. 



6. Simple SEO Plugin Menggunakan Yahoo untuk menganalisis konten Anda dan memberikan umpan balik langsung sesuai dengan tema dari konten kita. Plugin ini Juga membuat meta tag. Download


7. Website Validators Tool  Berisi link ke situs layanan validasi dan informasi yang membantu kita dalam membuat website yang sesuai standar .


Semoga Bermanfaat, dan saya tunggu masukan-masukan yang membangun, terutama yang berhubungan dengan

tutorial seo

thx...:)


next post : Tutorial Instalasi Joomla

4 komentar:

sirsakz4 mengatakan...

bang ajari dong trik seonya....templateku kok berantakan ya...slam kenal jg

bisnisavail mengatakan...

Sangat membantu perkembangan web saya

lesprivat mengatakan...

ajari dong cara supaya traffic ku banyak!

dewita mengatakan...

dengan merubah url Untuk konten yang sama apakah berdampak gawat secara seo? trims sharingnnya...

Posting Komentar