Membuat Konten dinamis pada Flash

Written By batikbumi on 20 Feb 2012 | 04.45


Kali ini saya akan sharing sedikit tentang bagaimana menampilkan content yang berasal dari file text external secara dinamis ke dalam flash movie. Saya berharap setelah membaca dan mempraktikkannya, anda bisa bereksperimen sendiri untuk menciptakan movie yang lebih kompleks, setelah memahami konsep dasar ini.
Baiklah, dalam membuat flash movie ini kita akan membutuhkan tiga buah file yang berada dalam satu folder, yaitu :
1. file.fla
2. file.swf sebagai output
3. file external content.txt sebagai content
Nama file.fla bebas, tidak terikat dengan proses load
Nama file.txt harus disamakan dengan proses load, disini akan saya beri nama "content".


1. PERSIAPKAN FILE TEKS
Buatlah sebuah file.txt, bisa dengan menggunakan notepad atau MS word, lalu di awal sekali sebelum teks pertama, harus kita tambah dengan identifier untuk variable yang akan kita pakai pada flash movie. Disini saya menggunakan "variableKu" sebagai identifier.(lihat gambar)


2. PERSIAPKAN FILE FLA
Buat dokumen flash baru. Pilih Text Tool (A). Pada properties Inspector (Window > Properties > Properties) ganti jenis teks dari "Static Text" menjadi "Dinamyc Text". Opsi lebih banyak akan tampil setelah mengaktifkan opsi Dinamic Text. Ganti Line Type menjadi "multiline", maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.


Biarkan fields text tetap terpilih, lalu masuk lagi ke Properties Inspector dan berilah nama "content" pada instance name.


Sekarang field text sudah siap, kemudian tambahkan scroll bar dengan menggunakan komponen yang telah tersedia di dalam library flash. Caranya bukalah panel Component melalui Window > Component lalu carilah component UIScroll Bar pada kategori User Interface. Tarik (drag) komponen ini ke atas field text pada stage dan harus diposisikan vertikal di sebelah kanan field text. Komponen ini bisa langsung digunakan tanpa perlu melakukan setting apapun terhadap komponen ini.


3. BUAT ACTION SCRIPT
Semua script akan diterapkan pada timeline. Pilih field teks menggunakan Selection Tool, lalu klik kanan frame pada timeline. Kemudian klik "Actions" pada pop up menu. Lalu ketik script di bawah ini untuk me-load teks external ke dalam flash movie yang anda buat.




dataKu=new LoadVars();
dataKu.onLoad = function(){
content.text=this.variableKu;
};
dataKu.load("content.txt");








Setelah selesai, coba hasil kerja anda dengan menekan tombol (Ctrl + Enter).


0 komentar:

Posting Komentar