Pundi-Pundi Uang Microsoft, Apple, dan Google

Written By batikbumi on 4 Feb 2012 | 10.09

Saya rasa pada saat ini tidak ada yang tidak kenal dengan Microsoft, Apple maupun Google, karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam aktivitas harian kita selalu menggunakan produk dari ketiga raksasa ini.
Sebagian besar dari kita mengetahui Microsoft adalah perusahaan pembuat software, sedangkan Apple adalah perusahaan pembuat hardware, tapi untuk google? Bergerak di bidang apakah google ini, apakah google menjadikan mesin pencarinya (search engine) sebagai bisnis utamanya? Mari kita cari tahu.
Berikut ini saya akan menunjukkan laporan keuangan dari ketiga perusahaan di atas yang saya peroleh dari www.zdnet.com, dari sini akan kita ketahui dari mana sebenarnya sumber pundi-pundi keuangan ketiga raksasa di atas.

Microsoft

Dalam beberapa tahun terakhir Microsoft berhasil membius konsumennya dengan menggelontorkan produk perangkat hiburan  Xbox 360 dan Kinect .  Perusahaan ini memiliki harapan tinggi pada layanan online mereka. (Sumber: 10QFY12 Q2, filed Januari 2012).



Apple
Salah satu perusahaan yang paling sukses dengan produk hardwarenya. Lima tahun lalu  IPhone dan iPad bukanlah sesuatu, tapi pada kuartal terakhir mereka menyumbang lebih dari $ 33 miliar dari hasil penjualan IPhone dan iPad(Sumber: Q1 FY12 Formulir 10-Q [PDF], filed Januari 2012)







Google
"Kami menghasilkan pendapatan kami hampir seluruhnya dari iklan ... Pendapatan iklan terdiri 97% dari pendapatan kami pada tahun 2009 dan 96% dari pendapatan kami di tahun 2010 dan 2011." (Sumber: 
Form 10-K for the fiscal year ended December 31, 2011, filed Januari 2012)

 


Dari ke tiga diagram ini dapat kita ketahui darimana sebenarnya sumber pundi-pundi keuangan mereka.
1. Microsoft : memiliki sumber penghasilan yang lebih variatif (tidak bergantung pada satu resource)
2. Apple : Penghasilan utamanya dari Produk Iphone dan Ipad mereka.
3. Google : Ternyata 96% pendapatan google datang dari iklan.


Semoga bisa diambil manfaatnya...


0 komentar:

Posting Komentar