Tutorial Instalasi Sitemap Pada Joomla

Written By batikbumi on 7 Feb 2012 | 11.02

Bagi anda yang baru memulai membuat website, ada baiknya anda membuat sitemap untuk website anda. Sitemap merupakan peta situs yang berfungsi untuk mempermudah navigasi pencarian artikel (bukan search engine) bagi pengunjung website dan mempermudah spidernya search engine dalam melakukan crawl content situs anda.

Adanya sitemap pada suatu situs akan mempermudah spider bot menelusuri dan mempelajari struktur yang ada pada situs tersebut, jadi lebih cepat dalam proses pengindexan konten. Selain itu juga berfungsi sebagai pengecek brokenlink situs anda, sehingga jika terdapat brokenlink pada situs anda tidak perlu repot-repot, langsung remove link yang ada pada sitemap anda.

Sekarang sedikitnya kita mengerti pentingnya sitemap bagi sebuah website.
Bagi pengguna Joomla!, tidak perlu repot lagi membuat struktur sitemap secara manual, banyak komponen yang dapat kita manfaatkan, salah satunya adalah Xmap. Xmap merupakan sitemap peta situs generator Joomla yang terbaik diantara komponen lainnya dengan penggunaan yang cukup mudah, kali ini saya akan mengulas cara penggunaan komponen Xmap Joomla dari installasi hingga mensubmit sitemap anda ke google webmaster tool.

Langkah pertama yang harus anda laukukan adalah mendownload komponen XMap
di sini.Kemudian instal komponen seperti biasa melalui backend Joomla anda. Setelah penginstalan sukses, arahkan ke Component dan pilih Xmap.Pada menu tabs Sitemaps klik Add menus dan pilih Menu apa saja yang akan kita jadikan Peta Situs, centang Menu yang anda inginkan dan klik Save.


Untuk tabs CSS ini fungsinya sebagai pengaturan tampilan CSS jika anda membuka melalui Url Sitemap, anda bebas mengedit tampilan CSS ini sesuai dengan selera anda namun disarankan kepada yang belum mengerti tentang CSS untuk tidak merubah bagian ini.

Pada tabs Extensions terdapat daftar List Plugin Component yang didukung oleh Xmap, jika ada Plugin Xmap yang belum terinstall anda dapat mendownload dan menginstallnya pada menu Install diatasnya. Untuk Plugin Xmap bisa anda
download disini.

Setelah saya ulas beberapa bagian fungsi Xmap mari kita lanjutkan untuk mengambil alamat XML sitemapnya untuk kegunaan submit sitemap ke google webmaster tools. Klik pada Menu Options untuk menampilkan Jendela yang tersembunyi kemudian klik Preferences...

Setelah muncul jendela Preferences seperti diatas, yang telah dihighlight warna kuning adalah Link XML sitemap anda, copy alamat urlnya untuk dimasukkan ke google sitemaps.

Mendaftar Xmap di Google

Jika anda telah mendaftarkan site anda ke google seperti pada artikel sebelumnya, loginlah melalui akun anda kemudian klik link web anda yang akan mengantarkan anda ke dasboard Google webmaster tools. Klik Site Configuration dan pilih site maps kemudian klik submit a sitemap dan paste kan xml link yang di copy dari komponen xmap.


Tunggu beberapa menit, tergantung koneksi dan konfigurasi web anda. Setelah konfirmasi akan ,muncul tabel baru seperti gambar berikut:


Note. untuk memasukkan di google sitemap maka yang perlu anda Copy adalah bagian index.php?option=com_xmap&sitemap=1&view=xml tanpa domain di depan karena pada submit google sitemaps, domain anda sudah default terpasang.



0 komentar:

Posting Komentar