Cara Verifikasi Google Webmaster di Joomla

Written By batikbumi on 29 Apr 2012 | 07.26

cara verifikasi google webmaster pada website joomla
Berikut ini adalah cara untuk mem-verifikasi website joomla anda ke google webmaster. Dengan mem-verifikasi website joomla anda ke google webmaster akan memudahkan usaha anda untuk masuk ke indeks nya google. Cara ini bisa diterapkan pada Joomla versi 1.6 dan 1.7.
Pertama buka url google.com/webmasters/tools. Lalu masuk dengan menggunakan akun Google anda. Setelah terbuka, klik tombol add site, tuliskan url web anda, lalu klik Continue. Pada Verify Ownership klik alternate methods. Akan muncul pilihan untuk memverifikasi situs anda, dan anda akan diberi 2 pilihan untuk verifikasi, yaitu:


cara verifikasi google webmaster pada website joomla



1. Upload an HTML file (rekomendasi)
Pilihan ini mengharuskan anda untuk mengupload file berekstensi html di dalam pubic_html.

2. Add a meta tag (alternatif)
Pilihan ini mengharuskan anda untuk menempatkan sebaris kode ke dalam web.

Metode yang direkomendasikan:
Di antara kedua cara itu, cara yang pertama adalah yang direkomendasikan. Maka anda tandai pilihan yang pertama. Cara pertama ini lebih mudah karena kita tinggal mengupload file HTML ke dalam public_html. Caranya download dulu file berekstensi html dari Google. Contohnya seperti ini:

google5fe90aabf5598105.html

Setelah terdownload ke dalam komputer, pergi ke Cpanel>>File Manager>>public_html. Upload file ini ke folder public_html sejajar dengan file-file Joomla yang lain. Selesai menyimpannya, langkah terakhir adalah kembali ke Google Webmasters Tools dan klik Verify.
Dengan cara pertama ini maka anda tidak akan repot memindahkan kode verifikasi ini jika sewaktu-waktu ganti template


Metode Alternatif:

Copy code yang telah diberikan. Anda harus meletakkan kode verifikasi ini ke web Joomla. Caranya buka tab baru (new tab) dari browser dan lalu menuju halaman Administrator Joomla. Pilih Extensions>>Template Manager, kemudian klik template yang anda gunakan. Dalam jendela baru di sebelah kiri klik Edit Main Page Template. Setelah terbuka, paste kode dari Google tadi di atas atau sebelum kode </head>. Contohnya akan jadi seperti ini:


<head>
<meta name=”google-site-verification” content=”PJnYQUvMiUIJxxE4ghTSeqMGu”>
</head>


Setelah itu simpan perubahan. Maka kode pun tersimpan di dalam template. Catat kode dari Google ini di Notepad agar kita tidak lupa jika sewaktu-waktu mengganti template. Anda bisa kembali ke Google Webmasters Tools dan mengklik tombol Verify.


yup, selesai sudah verifikasi Google Webmaster untuk situs Joomla anda.


5 komentar:

Mohduro mengatakan...

sip, berhasil

LEK2PN DIKLAT mengatakan...

alhamdulillah bisa juga ya....makasih sob. salam sukses

Anonim mengatakan...

Thanks banyak Gan...bermanfaat, singkat dan jelas artikelnya.

I Center mengatakan...

belum berhasil bos...mmmmm

BOLLE TRAVEL mengatakan...

trims share nya...berhasil dan sangat informatif artikelnya.

Posting Komentar