Research Keyword untuk SEO Website dengan Adwords

Written By batikbumi on 18 Apr 2012 | 01.52


tutorial SEO pada website

Keyword adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam usaha kita untuk mengoptimalkan SEO website atau blog.  Tetapi tidak sembarang keyword dapat kita pakai agar website lebih Search Engine Friendly. Untuk mendapatkan keyword yang terbaik dalam mendukung usaha kita dalam mengoptimalkan SEO website atau blog, perlu dilakukan research terhadap keyword yang akan kita pakai. Untuk itu saya akan menggunakan bantuan dari google adword dalam melakukan research keyword.


Yang pertama dilakukan adalah:
1.Masuk ke url : https://adwords.google.com , lalu daftar ke adword
2.Setelah terdaftar google adword dan login, sekarang saatnya bermain-main dengan adword
3.Ketikkan satu atau beberapa keyword yang anda analisis. Masukkan keyword anda di kotak "kata atau frasa", pisahkan baris keyword dengan tekan tombol enter.


tutorial SEO pada website

4.Sebelum memulai pengujian, pastikan target lokasi dan bahasa dari keyword yang akan anda uji. Klik "Opsi dan filter lanjutan" lalu tentukan target lokasi Negara dan bahasa yang dipakai.
5.Setelah itu, klik search untuk memulai pengujian.


Hasil Pengujian Keyword :
Hasil pengujian yang tampil adalah sebagai berikut:


tutorial SEO pada website



kolom pertama keyword (kata kunci) : Isinya keyword yang sedang di research, tersedia pula alternatif keyword. dalam satu kali research google keyword tool akan menampilkan 100 keyword yang berhubungan ( 2 halaman).
kolom dua competition (persaingan) : Kompetisi pesaing dalam hal ini adalah pengiklan google. karena tool ini sebenarnya digunakan bagi pengiklan google adwords.
Kolom ketiga Global Monthly Searches (penelusuran bulanan global) : jumlah pencari secara global dalam sebulan. semakin banyak berarti semakin besar potensial traffik yang bakal datang.
Kolom keempat Local Monthly searches (penelusuran bulanan glokal): pada gambar di atas sengaja dibuat tidak kelihatan agar anda tahu bahwa sebetulnya anda bisa mengaktifkan kolom-kolom lainnya. fungsinya menampilkan pencarian perbulan berdasarkan lokal negara yang telah anda tentukan di "Advanced Options ".


tutorial SEO pada website



Kriteria Keyword yang sebaiknya anda gunakan adalah :
Kriteria keyword yang akan digunakan tergantung dengan kebutuhan website anda. apakah untuk blog, minisite affiliate, toko online dll. Sebaiknya anda memilih yang di atas 1000 pencarian untuk lokal monthly search. kalau keywordnya di bawah 1000 sebaiknya tidak perlu dipakai.


Analisis Website Pesaing :
Agar bisa bersaing, kita harus tahu siapa musuh kita, supaya bisa mempersiapkan strategi yang matang. Begitu juga dalam hal SEO, supaya bisa jadi nomor satu di google sebaiknya pilihlah keyword dengan pesaing yang rendah dan hindari bersaing keyword dengan pesaing kelas kakap.


Yang perlu diperhatikan dalam menilai website pesaing ada 4 hal :
1. Jumlah website hasil pencarian. Setelah memperoleh keyword yang ingin dipakai, buka google.com atau google.co.id (untuk meneliti pesaing lokal). Kalau jumlah website hasil pencarian di bawah 1 juta anda masih punya kesempatan jadi halaman 1 dengan mudah. Bila target anda adalah pasar lokal jangan lupa melihat pesaing di google lokal.
2. Jumlah pagerank website-website di halaman pertama. Idealnya total pagerank 10 website di halaman pertama maksimal adalah 30 . Kenapa harus minimal 30? kalau totalnya 30, berarti rata-rata pagerank website adalah 3. kenyataanya website dengan pagerank 3 masih bisa dikalahkan oleh webiste ber-pagerank 1 bahkan nol asalkan optimasi SEO onpagenya bagus. Kalau ada salah satu website dengan pagerank diatas 3 berarti posisinya sulit untuk dikalahkan, selanjutnya terserah anda.
3. Domain web pesaing. perhatikan apakah ada  website yang memakai keyword tersebut persis sebagai domain. Kalau ada website yang memakai keyword yang anda riset sebagai domain, itu pertanda website tersebut bakalan jadi musuh bebuyutan seperti halnya website dengan pagerank tinggi. misalkan keyword yang anda incar adalah “Tutorial SEO”, kalau sudah ada website dengan domain tutorialseo.com berarti anda sudah kehilangan satu kursi posisi di halaman pertama google.
4. Analisis tambahan : Kalau ingin lebih yakin, coba cek hasil pencarian di google menggunakan kode “intitle:keyword yang diincar” kalau hasil pencarian lebih dari 100.000  pertanda persaingan berat.


Untuk optimasi anda harus melakukan hal berikut ini :
1. Cari keyword dengan total pencari bulanan yang lumayan banyak, ini berhubungan dengan traffik yang akan diterima. gunakan keyword tool.
2. Lihat jumlah website pesaing hasil pencarian di google, carilah keyword dengan website pesaing di bawah 1 juta.
3. Perhatikan pagerank website pesaing di halaman pertama. Hindari keyword dengan website pesaing berpagerank di atas 3. 
4.Agar cepat di bertengger di halaman 1 google gunakan keyword yang anda incar sebagai domain website anda.
5. Buat website menggunakan theme yang seo friendly. buat konten yang unik dan seo friendly.
6.Pasang backlink Linkwheel minimal dari 5 website di dalam artikel. kalau kesulitan cari aja backlink sebanyak-banyaknya.


Selamat mencoba … 

lihat

tutorial SEO

lain

1 komentar:

Edy mengatakan...

Saya kasih tips buat yang ingin coba adwords tanpa keluarin uang banyak: Adwords sering bagi kupon / voucher adwords bagi pengguna dan banyak yg menjualnya murah karena tidak ingin dipakai. Contoh di sini anda bisa dapat voucher adwords 100 USD hanya untuk Rp 50 ribu:
www.serba50ribu.com/Promosi/997/kasih-coupon-Adwords-yang-berisi-100
Selamat mencoba!

Posting Komentar