Hati-hati dengan Teknik SEO

Written By batikbumi on 23 Mei 2012 | 10.17


SEO adalah teknik/cara-cara yang digunakan agar website/blog memiliki SERP pada urutan teratas, tapi bila teknik yang digunakan kurang sempurna dan malah membuat website terpuruk dari perhatian mesin pencari maka SEO yang kita lakukan gagal. Tentu hal tersebut tidak anda inginkan terjadi pada website/blog anda. Untuk menghindari kegagalan SEO, ada baiknya bila anda mempertimbangkan beberapa kesalahan teknik SEO berikut ini:

1. Menarget Keyword yang salah

Kesalahan ini wajar dilakukan, kesalahan yang terjadi biasanya bila menarget keyword yang dianggap bagus, tetapi belum tentu orang lain mencari keyword tersebut.

2. Melupakan title tag

Biasanya tidak mengisi tag <title> dengan benar atau mengosongkannya atau mengisinya dengan javascript.

3. Sebuah website full flash yang melupakan elemen HTML

Tampilan website yang full flash memang bagus dan menarik tetapi jangan sampai melupakan elemen HTML yang mendukung SEO

4. Javascript menu

Menu yang dibuat dengan menggunakan javascript terlihat lebih menarik dan interaktif, tetapi dengan menggunakan javascript maka Bot dari Search engine tidak dapat membacanya.

5. Tidak konsisten menjaga/memperhatikan persaingan SEO

Biasanya hal yang terjadi adalah bila posisi website kita sudah lumayan pada SERP barulah kita akan terlena dengan posisi yang kita capai maka bisa jadi pesaing kita akan mengambil alih posisi kita.

6. Terlalu men SPAM meta tag

Banyak orang berfikir kalau mengisi meta tag dengan banyak keyword akan mendapat hasil positif, padahal itu tidak berguna, karena Algoritma Search engine akan mendasarkan ranking pada isi/konten dari page itu sendiri.

7. Menggunakan image sebagai heading

Hal ini kurang bijaksana, karena BOT search engine tidak dapat membaca image, jadi buatlah ada unsur tag <h1> atau <h2>, hal ini lebih berguna.

8. Melupakan URL

Kita tidak boleh under estimate kalau URL website kita berbentuk dinamic seperi 'index.php?page=1' tidak bisa ranking 1, karena masih mungkin dinamic url menduduki ranking 1, tetapi alangkah lebih baik bila dalam url itu terdapat keyword (Search Engine Friendly URL)

9. Backlink spamming

Banyak orang berfikir kalau membuat page link farm tidak berpengaruh apa2 pada website kita. Hal ini salah karena google akan memeriksa page halaman kita dan bila menemukan halaman link farm, maka google akan mengurangi/menurunkan posisi ranking website kita.

10. Melupakan keyword

Sebaiknya kita memberikan tag bold <b>  pada keyword halaman website kita, karena google memperhatikan tag bold tersebut.


Semoga bermanfaat dan selalu waspada dengan

teknik SEO

anda


1 komentar:

indobusa mengatakan...

Terima kasih atas informasinya. Semoga bermanfaat

Posting Komentar