Trik Mempercepat Loading Website Joomla

Written By batikbumi on 14 Mei 2012 | 10.44



Loading joomla
Loading Joomla
Joomla merupakan salah satu pemain CMS yang sangat terkenal dan banyak dipakai oleh web developer, baik yang amatiran maupun yang sudah pro, karena kemudahan pemakaiannya dan sekaligus support extension yang melimpah ruah yang dikembangkan oleh pihak ketiga.
Namun dibanding CMS WordPress, Joomla memang memiliki struktur engine dan database yang sangat gemuk dan filenya besar. Hal ini akan berakibat pada proses loading database dan file tersebut menjadi lambat, yang tentu saja akan mempengaruhi index dari search engine semacam google saat melakukan proses caching dan index website joomla anda.


Trik Mempercepat loading website Joomla



Untuk mempercepat proses loading pada website joomla anda, salah satu yang harus diperhatikan adalah database, karena database pada CMS joomla merupakan komponen penting saat website berbasis cms bekerja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa database engine website joomla anda. Teknik ini bisa mengoptimalkan  kinerja database joomla pada saat loading memanggil database. Berikut ini adalah tips untuk mengoptimalkan database CMS Joomla, yaitu :


1. Hapus dan buang module Joomla yang tidak anda butuhkan.
2. Disable module Joomla yang belum anda butuhkan. Bila nanti dibutuhkan maka fungsi module joomla bisa anda aktifkan kembali.
3. Komponen Joomla yang tidak anda perlukan bisa dihapus saja, agar meringankan loading komponen Joomla.
4. Install komponen Joomla pada saat anda butuhkan saja. Jangan dibiarkan memenuhi database namun tidak tampil di front-end website joomla anda.
5. Hapus plugin joomla yang tidak anda butuhkan. Banyaknya plugin akan membebani kinerja database CMS Joomla anda.
6. Install plugin Joomla disaat akan anda butuhkan saja. Jangan dibiarkan menumpuk di database. Dengan pemilihan plugin yang terpilih untuk diinstall maka mengurangi overheat database CMS Joomla anda.


Selamat mencoba, semoga 

Trik di atas dapat membantu mempercepat loading website Joomla anda



4 komentar:

aank mengatakan...

ada cara lain g bang

Anonim mengatakan...

Wah infonya bagus bget nih mas. Makasih ya.

Faedah Jaya mengatakan...

FAEDAH JAYA : Makasih banyak triknya bos,, Manfaat banget, Langsung saja ane praktekkan..

SALAM: www.faedahjaya.com


***

Unknown mengatakan...

makasih infonya bos..

Posting Komentar