Validasi HTML dan CSS

Written By batikbumi on 2 Jun 2012 | 01.43

Validasi HTML dan CSS
Kemungkinan besar anda yang sering berkutat dengan dunia maya sering mendengar istilah Validasi HTML dan CSS, namun apakah sebenarnya validasi HTML dan CSS tersebut? Dan apakah perlu kita memvalidasi file HTML dan file CSS kita? Apa pula keuntungan yang kita dapat bila kita memvalidasi file HTML dan CSS kita? 
Untuk itu marilah kita bahas satu persatu, dan semoga bisa menjawab pertanyaan di atas.
Validasi file HTML dan file CSS adalah sebuah layanan online dengan tujuan memeriksa website yang anda buat berisi ERROR atau tidak.
  • HTML validator akan memeriksa kode HTML pada website anda dengan dasar acuan dari W3C Konsorsium. Validator HTML akan memeriksa terjadinya error pada website anda, dan juga menyarankan kode HTML yang baik digunakan pada website anda.
  • Sebuah CSS validator akan memeriksa style sheet CSS yang anda gunakan pada website anda dengan cara yang sama dengan HTML validator, kebanyakan akan memastikan bahwa kode CSS yang anda gunakan kompatibel dengan standar yang diberikan oleh W3C.

Perlukah Memvalidasi HTML dan CSS?

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anda harus memvalidasi kode HTML maupun CSS anda:
  1. Membantu agar website anda dapat diakses pada berbagai browser (Cross-Browser), berbagai platform (Cross-Platform) dan kompatibilitas website anda di masa depan. Karena koding CSS dan HTML website dikatakan berhasil jika website tersebut dapat berjalan pada berbagai browser dan platform system dan harus kompatibel dengan berbagai perubahan yang terjadi pada browser dan platform.
  2. Jika terdapat error koding HTML maupun CSS pada website anda, maka browser akan berusaha mengkompensasi error tersebut. Pada beberapa browser kesalahan kode HTML maupun CSS ini akan diacuhkan, sedangkan browser yang lain berusaha untuk mengkompensasi error tersebut. Hal ini akan berpengaruh pada pengindex-an website dari search engine (jika terdapat error search engine akan lebih susah mengakses website).
  3. Jika tidak terdapat error pada kode HTML maupun CSS pada website anda tentu akan membuat website anda terlihat lebih Profesional.

Beberapa Alasan Kenapa Tidak Perlu Memvalidasi HTML dan CSS

  1. Memvalidasi HTML maupun CSS tidak menjamin bahwa website anda akan berjalan dengan baik pada Cross-Browser.
  2. Mengkonversi website menjadi bebas dari error memakan banyak waktu dan resource.
  3. Pengunjung website anda kebanyakan tidak akan memeriksa source code halaman website anda.

Keuntungan Bila Memvalidasi Kode HTML atau CSS 

  1. Melindungi halaman website anda dari masalah yang muncul ketika terjadi syntax error, seperti terhentinya peng-index-an website anda oleh search engine karena kesalahan kode HTML atau CSS yang terjadi pada awal kode website anda.
  2. Dengan tampilan website yang baik dan ditambah dengan kode yang bebas error, maka website anda akan menjadi lebih kuat dan semakin mudah di akses.

0 komentar:

Posting Komentar