Membuat Halaman Custom 404

Written By batikbumi on 13 Sep 2012 | 21.31

custom error 404
custom error 404
Untuk menghindari munculnya status error 404 pada crawl error, anda bisa membuat file custom 404. Caranya anda buat file HTML biasa (misal bernama hilang.html) untuk menampilkan informasi bahwa halaman web yang diakses tidak ditemukan. Selanjutnya buat file .htaccess untuk mengatur penyajian file hilang.html tersebut.

Untuk kebutuhan pembuatan file hilang.html, pastikan pada file .htaccess anda belum ada baris ErrorDocument (jika ada berarti CMS anda sudah menyediakan halaman custom 404). Sisipkan baris berikut pada file .htaccess yang telah anda miliki.

ErrorDocument 404 /notFound.html

Jika belum memiliki file .htaccess, anda bisa membuat sendiri. Tuliskan baris berikut pada notepad, lalu simpan dengan nama .htaccess. Pastikan file anda simpan dengan save as type: All Files (*.*), bukan .txt.

Options +FollowSymlinks
RewriteEngine on
ErrorDocument 404 /notFound.html

Setelah .htaccess selesai anda buat, kini buatlah file hilang.html, anda bisa membuat file baru atau memodifikasi file template anda untuk menyeragamkan layout halaman hilang.html.

Setelah selesai, upload kedua file tersebut (.htaccess dan hilang.html) ke direktori utama website anda. Pastikan anda mengubah hak akses file .htaccess anda menjadi 644, agar hanya anda yang berhak mengeditnya.

Lakukan uji coba dengan cara mengetikkan URL yang tidak ada pada website anda, misalnya : http://www.domainAnda.com/aaaamj.html. Pastikan muncul halaman seperti yang telah anda buat sebelumnya pada file hilang.html.

Jika tidak ada hasilnya, kemungkinan karena rujukan file hilang.html di .htaccess mengalami konflik dengan pengaturan lain di baris sebelumnya. Jika memang tidak ada pengaturan lainnya, coba ganti baris ErrorDocument dengan menuliskan URL lengkap seperti berikut, lalu upload lagi file .htaccess anda:

ErrorDocument 404 http://www.domainAnda.com/hilang.html

atau

ErrorDocument 404 http://domainAnda.com/hilang.html

Kini anda memiliki dua keuntungan, di satu sisi website anda tetap tampil cantik dan pengunjung tetap merasa nyaman meskipun sedang tersesat ke halaman yang tidak valid, di sisi lain search engine menyukai teknik ini.

Tips Membuat Halaman Custom 404

0 komentar:

Posting Komentar