Backlink Dofollow dan Nofollow

Written By batikbumi on 8 Nov 2012 | 02.52

Backlink dofollow dan backlink nofollow
Backlink nofollow adalah backlink yang tidak dihitung oleh mesin pencari dalam meranking atau memberikan  peringkat kepada halaman blog atau website yang ditautkan atau di link. (Backlink akan tetap didapat, tetapi tidak dihitung dalam menentukan ranking website).
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa berapapun banyaknya backlink nofollow yang didapat oleh blog/ website anda, backlink akan tetap dihitung dan dicatat oleh mesin pencari, namun backlink-backlink nofollow tersebut tidak akan mendongkrak performa (peringkat) dari blog/website anda. Peringkat bisa berupa peringkat di halaman pencarian maupun peringkat pagerank yang dikeluarkan oleh google.

Backlink dofollow dapat dikatakan sebagai kebalikan dari backlink nofollow. Jika mesin pencari tidak menghitung backlink nofollow dalam membari peringkat halaman blog/website anda, maka mesin pencari akan menghitung backlink dofollow dalam memberikan peringkat pada blog/website. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa makin banyak backlink dofollow yang mampu didapat oleh sebuah blog/website, maka semakin bagus peringkatnya di halaman mesin pencari.

Bila dilihat pada halaman website maka tampilan dari link dofollow maupun nofollow tidak akan terlihat bedanya. Cara paling mudah untuk membedakan link dengan atribut nofollow dengan link yang beratribut dofollow dapat diketahui dengan melihat source code (kode HTML) dari link tersebut. Link yang memiliki atribut nofollow akan tampak seperti berikut:

<a href="http://www.batikbumi.com" rel="nofollow">Link nofollow</a>

Link yang memiliki atribut nofollow akan memiliki tambahan kode rel="nofollow", sedangkan link dofollow tidak memiliki tambahan kode tersebut.

Tabel perbedaan backlink nofollow dan backlink dofollow :

Type BacklinkDofollowNofollow
PerbedaanDihitung oleh mesin pencari dalam memberi ranking halaman blog/websiteTidak dihitung oleh mesin pencari dalam memberi ranking halaman blog/website
PerbedaanTidak memiliki atribut rel="nofollow" jika dilihat pada kode HTML nyaMemiliki atribut rel="nofollow" jika dilihat pada kode HTML nya
PersamaanSama-sama di index atau dibaca oleh mesin pencari dan dihitung sebagai backlink.

2 komentar:

Kireina Hana mengatakan...

dofollow atau nofollow, keduanya memiliki keuntungan dan kerugian masing masing.
namun kebetulan blog saya dofollow, kunjung balik ya
http://lizwana.blogspot.com/
terima kasih.

Anonim mengatakan...

Kira-kira gimana caranya yah mas supaya bisah dapat backlink berkualitas dan natural lewat blog-2 dofollow ?? tolong dikonfirmasi juga diblog saya...

Posting Komentar